970X250 BANNER.jpg
Penulis SkenarioProduser FilmSutradara

Profil Garin Nugroho Biodata lengkap dengan Agamanya

168
×

Profil Garin Nugroho Biodata lengkap dengan Agamanya

Share this article

Garin Nugroho adalah salah satu sutradara terkemuka di Indonesia yang telah memberikan kontribusi besar dalam dunia perfilman. Artikel ini akan membahas secara lengkap profil Garin Nugroho, termasuk biodata, agama, keluarga, akun media sosial, fakta menarik, prestasi, pencapaian, penghargaan, riwayat pendidikan, karir dalam membuat film, filmografi, film dokumenter, karya sebagai penulis buku, kontroversi, dan kegiatan sekarang.

Biodata Garin Nugroho

Nama lengkap: Garin Nugroho Riyanto
Tanggal lahir: 6 Juni 1961
Tempat lahir: Yogyakarta, Indonesia
Agama: Islam
Kewarganegaraan: Indonesia

banner_fotodeka_-300x300.jpg

Keluarga

Garin Nugroho lahir di Yogyakarta dan berasal dari keluarga yang mencintai seni dan budaya. Ia adalah anak dari keluarga yang menghargai pendidikan dan kesenian, yang kemudian sangat mempengaruhi karirnya di dunia perfilman.

Akun Media Sosial

Garin Nugroho aktif di beberapa platform media sosial, di mana ia sering berbagi tentang proyek-proyek film terbarunya, pemikirannya tentang seni, dan berbagai isu sosial. Berikut adalah akun media sosialnya:

Fakta Menarik

  1. Garin Nugroho dikenal sebagai salah satu sutradara yang sering mengangkat tema-tema sosial dan budaya dalam filmnya.
  2. Ia memiliki gaya penyutradaraan yang unik dan sering kali mengeksplorasi format naratif yang tidak konvensional.
  3. Selain film, Garin juga aktif dalam pembuatan teater dan penulisan buku.

Prestasi, Pencapaian, dan Penghargaan

Garin Nugroho telah meraih banyak penghargaan baik di dalam negeri maupun internasional. Beberapa penghargaan tersebut antara lain:

  • Penghargaan di Festival Film Cannes
  • Penghargaan di Venice Film Festival
  • Penghargaan di Asia Pacific Screen Awards

Riwayat Pendidikan

Garin Nugroho menempuh pendidikan tinggi di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) di mana ia mempelajari seni peran dan penyutradaraan. Selain itu, ia juga mengambil pendidikan di jurusan hukum di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Karir dalam Membuat Film

Karir Garin Nugroho di dunia perfilman dimulai pada tahun 1980-an. Ia dikenal dengan karya-karyanya yang mengangkat tema sosial, budaya, dan politik. Film-filmnya sering kali mendapat pengakuan internasional dan telah diputar di berbagai festival film bergengsi di seluruh dunia.

Filmografi

Beberapa film terkenal Garin Nugroho antara lain:

  1. Cinta dalam Sepotong Roti (1991)
  2. Daun di Atas Bantal (1998)
  3. Opera Jawa (2006)
  4. Setan Jawa (2016)
  5. Kucumbu Tubuh Indahku (2018)

Film Dokumenter

Garin Nugroho juga telah menghasilkan beberapa film dokumenter yang berfokus pada isu-isu sosial dan budaya di Indonesia. Beberapa dokumenter terkenal karyanya antara lain:

  1. Nyanyian di Tengah Kebisingan (1998)
  2. Aku dan Mesin Waktu (2003)

Penulis Buku

Selain film, Garin Nugroho juga menulis beberapa buku yang membahas tentang film dan budaya. Buku-bukunya sering kali digunakan sebagai referensi oleh para mahasiswa dan penggiat film di Indonesia.

Kontroversi

Sebagai seorang seniman, karya-karya Garin Nugroho tidak luput dari kontroversi. Salah satu karyanya yang menuai kontroversi adalah film Kucumbu Tubuh Indahku yang mendapatkan kritik dari beberapa kalangan karena tema yang diangkatnya.

Kegiatan Sekarang

Saat ini, Garin Nugroho terus aktif dalam dunia perfilman dan seni. Ia sering kali menjadi pembicara dalam seminar-seminar tentang film dan budaya, serta terus mengerjakan proyek-proyek film baru. Selain itu, ia juga aktif dalam kegiatan sosial yang bertujuan untuk mendukung perkembangan seni dan budaya di Indonesia.

Referensi

  1. Film Indonesia
  2. Festival Film Indonesia
  3. Profil Garin Nugroho di Wikipedia

Demikian profil lengkap Garin Nugroho, seorang maestro di dunia perfilman Indonesia yang terus memberikan inspirasi melalui karya-karyanya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang sosok Garin Nugroho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *